Pedoman atas kebijakan pekerjaan di bagian kepegawaian mengacu pada peraturan yang telah diatur pada pemerintah dalam kementerian. Beberapa peraturan yang dimaksud berupa hak dan kewajiban pegawai, etika pegawai, dll. Peraturan tersebut menjadi acuan dasar beberapa pengembangan karir pegawai seperti registrasi nomor pendidik (NIDN ataupun NIDK), jabatan fugsional, sertifikasi dosen, dll.
Berikut beberapa pedoman peraturan yang digunakan dalam kepegawaian di Institut Teknologi Sumatera:
PERATURAN PUSAT
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan No11 (2017) tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil [disini]
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Tugas Belajar bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi [disini]
- Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara [disini]
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Pendidik untuk Dosen [disini]
- Pedoman Operasional Sertifikasi Dosen Nomor 101/E/KPT/2022 [disini]
- Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen 2021 [disini]
- Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil [disini]
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2024 tentang Profesi, Karier, dan Penghasilan Dosen [disini] HOLD
- Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 63/M/KEP/2025 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Layanan Pembinaan dan Pengembangan Profesi dan Karier Dosen [disini]
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri [disini]
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Teknologi Sumatera [disini]
- Peraturan Pemerintah No 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai [disini]
PERATURAN REKTOR - SK Rektor Nomor B/1787/IT9.A/KP.06.00/2020 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Karir Dosen Institut Teknologi Sumatera [disini]
- SK Rektor Nomor B/2794/IT9.A/OT.00.01/2020 tentang Pedoman Sistem Rekrutmen Pegawai Tetap Non Aparatur Sipil Negara Institut Teknologi Sumatera [disini]
- SK Rektor Nomor 5 Tahun 2023 tentang Kode Etik Dosen Institut Teknologi Sumatera [disini]
- SK Rektor Nomor 6 Tahun 2023 tentang Kode Etik Tenaga Kependidikan Institut Teknologi Sumatera [disini]
- SK Rektor Nomor 790/IT9.KPA/KP.08.02/2023 tentang Standar Gaji Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri di lingkungan Institut Teknologi Sumatera [disini]
- SK Rektor Nomor 2 Tahun 2021 tentang Sistem Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Institut Teknologi Sumatera [disini]
- Surat Edaran tentang Jam kerja dan Pemakaian Pakaian Kerja Pegawai ITERA [disini]
- Surat Edaran tentang Peraturan Disiplin Pegawai [disini]
- Surat Edaran tentang Jam kerja Pegawai ITERA Tahun 2022 (berlaku) [disini]
POS - Prosedur Operasional Standar Perjalanan Dinas [disini] [new]
- Prosedur Operasional Standar Pengajuan Tugas Belajar [disini] [new]
- Prosedur Operasional Standar Pengajuan Pengaktifan Kembali Tugas Belajar [disini] [new]
- Prosedur Operasional Standar Pengajuan Perpanjangan Tugas Belajar [disini] [new]
- Prosedur Operasional Standar Pelantikan Pejabat [disini] [new]
- Prosedur Operasional Standar Pengaktifan Sertifikasi Dosen [disini] [new]
- Prosedur Operasional Standar Penggunaan Kendaraan Dinas [disini]
- Prosedur Operasional Standar Proses Pengajuan Tunjangan Kinerja [disini]
- Prosedur Operasional Standar Rekrutmen Karyawan [disini]
- Prosedur Operasional Standar Pengajuan Cuti [disini]
- Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kapasitas Dosen dan Tenaga Kependidikan [disini]
- Prosedur Operasional Standar Pengajuan Registrasi Pendidik [disini]
- Prosedur Operasional Standar Pengajuan Honor Pejabat PNS [disini]
- Prosedur Operasional Standar Penerbitan Surat Keputusan [disini]
- Prosedur Operasional Standar Analisis Jabatan [disini]
- Prosedur Operasional Standar Penerbitan Perarturan Rektor dan Peraturan Senat ITERA [disini]
- Prosedur Operasional Standar Pelantikan Pejabat [disini]
- Prosedur Operasional Standar Evaluasi Pegawai dan Pemberhentian Pegawai [disini]
- POS AP lainnya dapat diunduh pada SIMUK
Peraturan tersebut dapat berubah apabila terdapat perbaikan peraturan ataupun terdapat aturan yang lebih baru.